November 17, 2017

Setya Novanto Resmi Masuk ke Dalam DPO


AGEN BOLA BCA - Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto dinyatakan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Febri Diansyah sebagai juru bicara KPK mengatakan bahwa KPK sudah resmi menetapkan Novanto sebagai buronan, dengan kata lain Novanto sekarang adalah orang yang sedang dicari karena suatu perkara pidana.

Febri mengatakan bahwa yang mengambil keputusan tersebut adalah langsung dari pimpinan KPK. Putusan tersebut dikeluarkan karena setelah hari Kamis kemarin pada tanggal 16 November 2017 malam Novanto tidak datang untuk menyerahkan diri jadi kembali ditetapkan sebagai tersangka.


KPK juga sudah menyerahkan surat pencantuman nama Novanto dalam DPO ke Mabes Polri dan Interpol. Sebelumnya KPK sudah membicarakan tentang kasus Novanto pada hari Kamis malam, tetapi karena tak kunjung datang untuk menyerahkan diri, maka pimpinan KPK memutuskan untuk mengirimkan surat kepada Mabes Polri serta Int
erpol dan mencantumkan nama Novanto di dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).


DPO memang merupakan salah satu kewenangan KPK yang sudah tercantum dalam pasal 12 ayat 1 huruf H dan I UU KPK. Bukan hanya itu, KPK juga bisa meminta bantuan kepada kepolisian jika mengalami masalah dalam proses pencarian dan juga bisa meminta bantuan untuk melakukan tindakan-tindakan hukum yang lain jika diperlukan.

Sebelumnya KPK sudah berupaya untuk mendatangi kediaman Novanto, tetapi Novanto selalu menghindari KPK. Bukan hanya itu, Novanto juga selalu memakai bermacam alasan agar tidak bertemu dengan KPK, seperti sakit sampai ada juga dimana dia mengatakan bahwa KPK memerlukan izin dari Presiden. Terakhir kali dia beralasan tidak bisa bertemu dengan pihak KPK karena sedang melakukan pengujian materi terhadap Undang-Undang KPK.


Sehari sebelum Novanto mengalami kecelakaan, penyidik KPK sudah mendatangi kediaman Novanto di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tetapi mereka tidak bisa menjemput paksa yang bersangkutan dikarenakan yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat. Dengan terpaksa penyidik membawa sejumlah barang dari kediaman Novanto agar dia mau menyerahkan diri.

Keesokan harinya pihak KPK menerima kabar bahwa Novanto mengalami kecelakaan saat hendak mendatangi kantor KPK dan dengan terpaksa haris dirawat di RS Medika Permata Hijua. Mendengar kabar itu pihak KPK langsung mendatangi lokasi dan RS Medika Permata guna memastikan kebenaran kabar tersebut.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Klasemen