April 05, 2017

Nah !! Yang Ingin Menikah Secara Adat, Harus Sediakan Biaya Ini ya..


SUKU INDONESIA - Indonesia terkenal dengan akan kayanya tradisi budaya serta adat istiadat suku-sukunya, salah satunya tradisi pernikahan. yang dinamakan pernikahan secara adat, maka kesakralannya pasti akan sangat terasa bagi kedua mempelai.

Namun sudah pada umumnya jika pernikahan tradisional dibumbui dengan tradisi yang membutuhkan persiapan yang ekstra dan secara detail yang harus diikuti. sudah saking banyaknya, maka sudah dipastikan bahwa biaya juga akan banyak yang harus dikeluarkan. untuk mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk acara pernikahan, kami akan menyimpulkan beberapa Adat serta dana yang harus dipersiapkan.


Berikut Beberapa Adat Pernikahan Serta Dana Yang Harus Disiapkan.


1, Jawa

Prosesi pernikahan secara adat jawa memang sudah dikethaui memiliki alur yang cukup panjang. sehari sebelum acara, mempelai harus memulainya dengan pemasangan dekorasi yang memaknai makna tersendiri dalam adat tersebut. bukan hanya itu, pada Acara upacaranya juga masih ada serengkaian yang harus diikuti, Seperti siraman hingga kirab. jika semuanya ditotal, maka ada 6 prosesi yang akan diikuti oleh mempelai jika menikah dengan cara adat Jawa. dan untuk dana yang harus disiapkan ialah sekitar Rp 60 Juta.

2, Nias

Di Nias,terdapat istilah yang dinamakan Bowo. Bowo ialah mahar yang harus dibayar oleh mempelai pria untuk membawa mempelai wanita. Mahar standar adat Nias hanya berupa ternak babi sebanyak 25 ekor. Nah jika 1 ekor babi dikalikan 2 juta, maka Mempelai Pria harus menyediakan duit Rp 50 Juta.

3, Sasak

Hingga saat ini, suku Sasa dikabarkan masih mempertahankan tradisi mereka dalam pernikahan sepeninggalan leluhurnya. Jika pasangan tersebut berasal dari kampung yang sama, maka maharnya hanya sekitar 500 ribu rupiah. Namun jika salah satu pasangan terutama mempelai wanita yang berasal dari desa atau kampung lain, maka Maharnya di perkirakan akan mencapai Rp 40-50 Juta, jika Calon nya memiliki kasta yang lebih tinggi, maka maharnya juga akan semakin tinggi pula.

4, Karo

Dalam adat Karo, yang membuat bengkak dana ialah acara pernikahannya yang mencapai 3 hari 3 malam. hari pertama ialah persiapan kerja adat, hari kedua pesta adat, dan hari ketiga sesudah pesta adat. jika dihitung semua, biaya pernikahan secara adat Karo ini bisa mencapai 100 Juta rupiah.

5, Bugis

Jika Kamu ingin mempersunting wanita yang memiliki suku bugis, maka kamu harus menyiapkan dana yang banyak. Sebab adat bugis semakin tinggi pendidikan sang wanita, maka maharnya juga akan semakin tinggi yang harus dibayar. Jika wanita tersebut berpendidikan S1, maka maharnya sekitar 50 Juta rupiah. Jika pendidikannya S2 biayanya bisa mencapai 100 juta rupiah. biaya mahar itu tidak digabungkan dengan Resepsi Pernikahan, Itu semua hanya untuk mahar saja.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Klasemen